Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2023 Melakukan Sosialisasi Prinsip 3R Pada Botol Bekas sebagai Upaya Mengurangi Sampah Plastik

  • Aug 12, 2023
  • Admin Desa Tanjungsari

BATANG, (26/7/2023) - Sampah plastik merupakan sampah yang sering dijumpai pada kehidupan sehari hari, mulai dari kresek plastik saat berbelanja, kemasan makanan maupun minuman, serta botol plastik. Seiring berjalannya waktu jumlah sampah plastik secara perlahan meningkat, sehingga dapat membahayakan ekosistem alam. Dampak dari peningkatan jumlah sampah plastik berupa pencemaran air yang dapat merusak ekosistem laut, perubahan iklim, serta kerusakan terhadap keanekaragaman hayati.

Oleh karena itu, Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro dari prodi Teknik Industri, Yunas Prima Mukti, mengadakan sosialisasi mengenai sosialisasi prinsip 3R pada sampah plastik terutama botol bekas pada hari Rabu (26/7) lalu. Kegiatan sosialiasi tersebut bertempat di Balai Desa Tanjungsari dan dihadiri oleh Ibu-Ibu saat melakukan rapat koordinasi.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait prinsip 3R yakni reduce, reuse, dan recycle terutama pada botol bekas yang tidak terpakai untuk mengurangi sampah plastik dengan upaya dapat mengurangi sampah plastik yang dampak merusak lingkungan. Dipilihnya botol bekas karena mudah untuk digunakan kembali serta di daur ulang menjadi beragam kerajinan, salah satu kerajinan tersebut berupa pot tanaman yang dapat digunakan untuk berkebun. 

Sejalan dengan tema KKN UNDIP tahun ini yakni “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s”, sosialiasi ini mendorong masyarakat untuk mendaur ulang sampah plastik salah satunya botol bekas untuk mencegah pencemaran darat, laut, serta udara.