Tingginya Angka Stunting yang Terjadi, Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Stunting dari Sudut Pandang Gizi dan Edukasi Pembuatan Hand sanitizer di Desa Tanjungsari

  • Aug 15, 2023
  • Admin Desa Tanjungsari

 

BATANG, (17/7/2023) – Sebagai upaya mengurangi terjadinya stunting, Farhan Widya Putra mahasiswa Kimia Universitas Diponegoro (UNDIP) telah mengambil langkah inovatif dalam upaya pencegahan stunting dengan melakukan sosialisasi stunting dari sudut pandang gizi dan edukasi pembuatan hand sanitizer dengan menggunakan bahan alcohol dan minyak kelapa di Desa Tanjungsari, Kecamatan Tersono, Kabupaten Batang, Jawa Tengah sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Langkah ini diharapkan tidak hanya memberikan pemahaman tentang pentingnya gizi yang baik, namun juga menjaga kebersihan untuk mencegah stunting.  

Stunting menjadi permasalahan kesehatan serius yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan fisik dan mental anak-anak. Faktor gizi yang tidak mencukupi dan kurangnya pemahaman tentang pentingnya pola makan yang seimbang telah berkontribusi terhadap masalah ini. Selain itu, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga menjadi faktor yang penting dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit dan infeksi yang dapat berkontribusi terhadap stunting.

Dalam upaya mengatasi tantangan stunting, mahasiswa KKN UNDIP berkolaborasi dengan warga Desa Tanjungsari untuk melaksanakan program sosialisasi dan edukasi. Program ini difokuskan pada dua aspek penting, yaitu gizi yang baik dan kebersihan yang diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit.

Sosialisasi Stunting dan Gizi:

Tim mahasiswa KKN UNDIP telah mengorganisir berbagai kegiatan sosialisasi di Desa Tanjungsari. Mereka mengadakan lokakarya dan diskusi kelompok tentang pentingnya gizi yang seimbang bagi pertumbuhan anak-anak. Melalui presentasi dan diskusi interaktif, warga Desa Tanjungsari diberikan pemahaman tentang makanan bergizi dan dampak positifnya terhadap perkembangan anak-anak.

Edukasi Pembuatan Hand Sanitizer:

Selain sosialisasi gizi, mahasiswa juga memberikan edukasi tentang pentingnya kebersihan tangan dalam mencegah stunting. Mereka mengajarkan warga Desa Tanjungsari cara membuat hand sanitizer menggunakan bahan-bahan sederhana, termasuk minyak kelapa dan alkohol. Edukasi ini bertujuan untuk memberikan alternatif yang terjangkau dan mudah diakses dalam menjaga kebersihan tangan,

Melalui program ini, diharapkan warga Desa Tanjungsari lebih sadar mengenai pentingnya pola makan yang baik dan menjaga kebersihan dalam upaya mencegah terjadinya stunting. Selain itu, edukasi pembuatan hand sanitizer juga diharapkan dapat membantu mengurangi risiko penyebaran penyakit dan infeksi di Desa Tanjungsari.